Lompat ke isi utama

Berita

1.253 Pengawas TPS Bawaslu Kota Cilegon Secara Serentak Resmi Dilantik

ketua bawslu

Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Alam Arcy posisi ke empat sebelah kiri, menghadiri acara pelantikan di Panwaslu Kecamatan Citangkil bersama tim monitoring Bawaslu Kota Cilegon

CILEGON,- Sebanyak 1.253 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) secara serentak dilantik oleh masing-masing Panwaslu kecamatan di wilayah Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Cilegon pada Minggu, (21/01/2024).

Dalam pelaksanaan pelantikan dibagi dalam dua wilayah yakni Dapil 1 Jombang Purwakarta, dan Dapil 2 Cibeber Cilegon pada pukul 09.00 WIB, untuk wilayah Dapil 3 Citangkil Ciwandan dan Dapil 4 Grogol Purwakarta pada pukul 13.00 WIB.

Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Alam Arcy Ashari mengatakan dalam pelantikan pihaknya melakukan monitoring pada masing-masing Panwaslu Kecamatan.

“Hari ini Pengawas TPS sudah resmi di lantik oleh masing-masing Kecamatan, karena sudah menjadi tupoksi dari Panwascam yaitu perekrutan pengawas di masing-masing Kecamatan. Total Pengawas TPS yaitu 1.253 orang.” Ujarnya. 

Dijelaskan Alam, usai Pengawas dilantik langsung diberikan Bimbingan Teknis yang dilakukan sebanyak 3 kali. “Tentunya, tujuan dari bimtek yaitu memastikan para anggota Pengawas paham betul terhadap pengetahuan, mekanisme, dan tugasnya sebagai Pengawas TPS” terangnya,

Kapan dimulainya waktu kerja para anggota Pengawas TPS, alam menambahkan bahwa para anggota Pengawas TPS mulai bekerja sejak mereka dilantik yaitu 21 Januari 2024 sampai dilakukan pemungutan suara.

“adapun tugas dari pengawas TPS yaitu melakukan pengawasan selama masa pemilu, dan pada saat pencoblosan suara Pengawas TPS memastikan bahwa mekanisme pemungutan suara, penghitungan suara, Rekapitulasi suara, hingga pelimpahan suara kepada tingkat atas yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS).” Katanya.

Alam berharap jajaran pengawas adhoch baik tingkat kecamatan, kelurahan hingga TPS ini agar selalu siap siaga, menjaga netralitas dan integritas pemilu. (HBC)