Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Cibeber Lantik Sebelas Anggota PTPS , Bawaslu Cilegon Harapkan Jaga Integritas

Panwaslu Cibeber Lantik

Ketua Panwaslu Cibeber Lantik 11 orang Anggta Pengawas TPS pada Pemilu 2024

CILEGON,- Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Cilegon menghadiri kegiatan Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan Susulan bagi Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Acara ini berlangsung di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cibeber pada hari Jumat, (25/01/2024)

Sebelumnya, pada tanggal 21 Januari 2024, Panwaslu Kecamatan se-Kota Cilegon telah melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan secara serentak. Namun, dikarenakan masih ada 11 anggota Pengawas TPS di Panwaslu Kecamatan Cibeber, tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pelantikan susulan pada hari ini untuk memastikan kehadiran seluruh anggota Pengawas TPS.

Muhlis, Plt Sekretariat Bawaslu Kota Cilegon, menyampaikan kepada jajaran Anggota PTPS untuk dapat menjaga integritas, profesionalitas dalam menjalankan kerja pengawasan pada tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024

“Visi Bawaslu menjadi lembaga pemilu yang terpercaya, kalau kita tidak dipercaya oleh masyarakat maka hasil-hasil pemilu juga tidak dipercaya, untuk itu para PTPS harus dapat menjaga marwah lembaga dengan tetap menjaaga integritas dan profesionalitas dalam kerja pengawasan." Ujarnya 

dijelaskan, Muhlis ketidak hadiran beberapa anggota PTPS di hari pelantikan harus dilakukan lakukan susulan. “Sesuai dengan surat edaran dan petunjuk teknis Bawaslu RI, bagi PTPS yang berhalangan hadir wajib dilakukan pelantikan susulan.” Terangnya.  

Muhlis mengatakan, meskipun ini merupakan pelantikan susulan, namun tidak mengurangi kekhidmatan acara ini. "Walaupun hanya melantik sebagian orang, namun kekhidmatan tetap terasa” Ujar Muhlis.

Dengan terlantiknya satu anggota pada hari ini, maka seluruh anggota Pengawas TPS di kecamatan Rembang telah lengkap. Total pengawas TPS yang telah dilantik mencapai 175 orang, terdiri dari 96 laki-laki dan 79 perempuan. Mereka siap untuk menjalankan tugas pengawasan dalam upaya menjaga keberlangsungan demokrasi pada setiap Tempat Pemungutan Suara di kecamatan Rembang. (HBC)