Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Cilegon Awasi Pengambilan Suara Surat Pengganti Kerusakan

Alam Arcy Ashari cek logistik

Ketua Bawaslu Kota Cilegon posisi tengah, melakukan pengecekan terhadap surat suara pengganti kerusakan untuk lima jenis pemilihan berlokasi di KPU Kota Cilegon

CILEGON,- Badan Pengawas Pemilihan Umum melakukan pendampingan dalam pengambilan kekurangan surat suara pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kantor KPU Provinsi Banten, sebanyak 921 lembar pengganti kerusakan diteria oleh KPU Kota Cilegon. Selasa,(30/01/2024)

Surat suara pengganti terdiri dari Surat Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) sejumlah 15 Lembar, DPR RI sejumlah 57 lembar, DPD RI sejumlah 47 Lembar, DPRD Provinsi Dapil Banten 12 sejumlah 400 lembar, DPRD Kota Dapil 1 sejumlah 208 lembar, Dapil 2 sejumlah 15 Lembar, Dapil 3 sejumlah 162 lembar, Dapil 4 sejumlah 13 lembar, PSU PPWP sejumlah 3 lembar, PSU DPRD Kota Dapil 4 sejumlah 1 lembar.

Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Alam Arcy Ashari turut hadir saat proses pengawalan mengatakan bahwa surat suara ini untuk mengisi kekurangan akibat kerusakan surat suara yang terdiri dari rusak robek ataupun warna pudar. 

Ia menjelaskan pihaknya mengawasi secara melekat pengambilan surat suara pengganti tersebut dari KPU Provinsi Banten menuju dua Gudang Logistik KPU Kota Cilegon di Jalan H.Ishak Link Seneja Kelurahan Sukmajaya Kecamatan Jombang.
“Sejumlah surat suara pengganti yang rusak telah diambil langsung dari KPU Provinsi Banten dan kami turut melakukan pendampingan secara melekat” Ujar pria yang akrab disapa Alam itu. 

Sebelum pengambilan Bawaslu turut melakukan pengecekan untuk mengetahui kesesuaian dari pengganti Surat Suara dari lima pemilihan. “pengecekan dilakukan agar sesuai dengan ketentuan dan tidak lagi terjadi ketidak sesuaian sehingga logistic pemilu di Kota Cilegon sudah tepat jumlah dan tepat kualitas” terang Alam.

Saat ini, Bawaslu Kota Cilegon sedang mengawasi proses packing surat suara ke dalam kotak suara dan secara bersamaan proses segel kotak suara yang sudah berisi lengkap surat suara serta perlengkapan logistik lainnya untuk selanjutnya didistribusikan ke masing-masing Kecamatan yang ada di Kota Cilegon. (HBC)