Lompat ke isi utama

Berita

Ali Faisal : Peserta SKPP Berperan Penting Menentukan Berbagai Hal Menyangkut Demokrasi

Serang Kota. Badan Pengawas Pemilihan Umum – Sebagai sebuah konsep politik, demokrasi adalah landasan dalam menata sistem pemerintahan negara yang terus berproses ke arah lebih baik. Kutipan ini sebagai gambaran materi yang diberikan oleh Ali Faisal pada hari kedua dalam lanjutan kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) yang bertempat di Hotel Horison Ratu Serang. Jumat (24/09/2021).

Koordinator Divisi Sengketa, Ali Faisal mengatakan sebagai suatu konsep, demokrasi adalah seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan yang juga mencakup seperangkat praktik yang terbentuk melalui sejarah panjang. “Singkatnya, demokrasi adalah pelembagaan dari kebebasan” ujarnya.

Beliau menambahkan “ Kebebasan yang dimiliki oleh rakyat dalam hal ini peserta SKPP sangat berperan penting dalam menentukan berbagai hal yang menyangkut demokrasi”. Kebebasan yang dimiliki rakyat dapat dilaksanakan secara bertanggung jawab dan tidak melanggar kebebasan yang dimiliki orang lain, lanjut Ali.

Peserta SKPP sangat antusias mengikuti materi yang dibawakan oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Banten ini dengan banyaknya peserta yang ingin berdiskusi dan menukar pikiran dalam lanjutan kegiatan SKPP. 73 Orang peserta SKPP yang terdiri dari 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten turut serta hadir pada hari kedua ini.