Lompat ke isi utama

Berita

Anggota Bawaslu Banten, Nasehuddin Ajarkan Kecakapan Dasar Pengawasan Partisipatif

Serang Kota. Badan Pengawas Pemilihan Umum – Tentunya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) diharapkan menjadi ajang untuk mendorong kesadaran kaum muda (pemilih pemula, pelajar, mahasiswa maupun masyarakat) mengenai pentingnya pengawasan partisipatif.

Pada kesempatan kali ini yang menjadi fasilitator dalam kegiatan SKPP yaitu Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), M. Nasehuddin. Peserta yang turut hadir dalam kegiatan berlangsung sebanyak 73 orang, bertempat di Hotel Horison Ratu Serang. Jumat (24/09/2021).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada siang hari ini menganut tema Kecakapan Dasar Pengawasan Partisipatif. Nasehuddin mengatakan” Dengan membentuk kader pengawas ini sangat penting untuk diberikan pengetahuan tentang dasar-dasar pengawasan”. Dengan begitu, lanjut Nasehuddin mengungkapkan “ Peserta SKPP harus dibekali dengan ilmu-ilmu keterampilan dalam pengawasan pemilu” ucapnya.

Motivasi, literasi, keterampilan dan pengalaman kepada peserta harus dipikul oleh mereka untuk mengawal proses pemilu yang dalam sepanjang sejarah banyak diwarnai kecurangan dan pelanggaran, menuju kearah lebih baik. Tak hanya itu, Kordiv SDM Bawaslu Banten ini memaparkan dalam materinya perbedaan Tahapan Pemilu dan Tahapan Pilkada, Beliau juga memberikan kronologi atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat dilapangan ketika sedang melakukan patroli pengawasan.