Lompat ke isi utama

Berita

Materi Pertama SKPP Bawaslu 2021 : Menajamkan Insting Partisipasi Pengawasan Masyarakat

Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Hari pertama Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) mengundang Dosen ITB Vinus Bogor, Daniel Zuchron menjadi pembicara pada kesempatan kali ini. Bertempat di Hotel Horison Ratu Serang, Kota Serang Provinsi Banten. Kamis (23/09/2021).

Pada kegiatan materi yang dibawakan oleh Daniel berlangsung melalui zoom meeting dengan mengangkat tema “ Menajamkan Insting Partisipasi Pengawasan Masyarakat”. Gerakan pengawasan partisipatif oleh masyarakat yang dinilai berhasil pada pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden lalu, perlu makin diperkuat. Sebab dengan makin luasnya skala gerakan pengawasan partisipatif, akan memunculkan efek pencegahan terjadinya pelanggaran di pilkada.

Dia menerangkan bahwa ada beberapa objek terapan dalam pengawasan pemilu, “ Ada 3 terapan dalam pengawasan pemilu antara lain Subtansi, Esensi, dan Eksistensi, Peristiwa alat bukti, barang bukti dan dokumen empiric (Subtansi), demokrasi hukum politik dan kemanusiaan (Esensi). Integritas, keberanian, dan keadilan (Eksistensi).” Ucapnya Dalam materi yang dibawakan pada pukul 14.00 sampai dengan 16.00 berjumlah 80 orang peserta SKPP yang terdiri dari 5 Kabupaten/Kota Bawaslu di Provinsi Banten.