Lompat ke isi utama

Berita

Ratna Dewi Pettalolo : Peserta SKPP Menjadi Garda Terdepan Dalam Pengawasan Pemilu Serentak 2024

Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu RI, Ratna Dwi Pettalolo menginginkan kader Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) menjadi simbol pengawas dan garda terdepan dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Hal tersebut disampaikannya saat membuka SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 di Hotel Horison Ratu Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. Kamis (23/9/2021).

Dalam laporan ketua kegiatan sekaligus Ketua Bawaslu Kota Serang, Faridi menyampaikan “ kegiatan ini dilaksanakan di 100 titik seluruh Indonesia. Untuk SKPP sendiri di Provinsi Banten diselenggarakan di titik Kota Serang dan Kota Tangerang.” Ujarnya. Kegiatan ini tetap dalam menjalankan protokol kesehatan dengan menyediakan Rapid Antigen untuk para peserta SKPP di Kota Serang.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih mengatakan bahwa “Harapan yang harus dipikul oleh peserta SKPP sangat besar, dikarenakan pengalaman ini tidak semua mendapatkan.”terangnya. Beliau menambahkan dalam kegiatan SKPP ini terdapat materi yang meliputi Pengawasan Pemilu dan Pilkada.

Pembukaan SKPP Tingkat Dasar di Kota Serang ini dihadiri oleh Walikota Serang, Syafrudin dengan sambutannya mengungkapkan permohonan maaf dan mohon maklum dikarenakan wilayah Kota Serang masih dalam zona orange atau PPKM level 3. “Kami mengapresiasi kegiatan ini yang dilaksanakan di Kota Serang, mudah-mudahan pembukaan SKPP ini berjalan dengan lancar.” Ujarnya. Harapan dari Syafrudin dalam kegiatan SKPP ini harus dijadikan acuan untuk menjada demokrasi di Indonesia khususnya Pemilu Serentak tahun 2024.

Menurut Ratna Dwi, kader SKPP tidak hanya sekadar datang untuk menyosialisasikan pengawasan pemilu kepada masyarakat, tetapi juga terlibat langsung dalam mengawasi tahapan pemilu. Dengan begitu, lanjut Ratna, Pembangunan karakter emosional untuk memiliki kepedulian terhadap pengawasan pemilu yang jujur, adil dan berkualitas.

“ Bawaslu hadir diciptakan oleh Undang-Undang untuk mengawasi demokrasi di Indonesia, akan tetapi tidak hanya Bawaslu yang menjadi satu-satunya mengawasi dan mengawal demokrasi, seluruh stakeholder juga ikut serta dalam pengawasannya.”terangnya.

Dia menerangkan, Bawaslu sangat membutuhkan dukungan kaum pemuda pemilih yang memiliki idealisme yang berkualitas untuk membantu menjaga kedaulatan pengawasan pemilu di Indonesia.

“ Penyelenggara pemilu dan pilkada yang jujur, adil dan berkualitas ditentukan oleh salah satunya kaum muda yang terdiri dari mahasiswa, pemuda dan organisasi kemahasiswaan” tambah Ratna.

Pembukaan SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 ini di titik Kota Serang diikuti oleh 80 peserta dari 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. Hadir dalam pembukaan Polres Serang Kota, Dandim, serta unsur Forkopimda Kota Serang.